Hijab Syar'i

Assalamualaikum Wr Wb
     Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hijab. yang namanya hijab itu bukan kain yang dililit2 di puter2 dikepala. itu bukan hijab :) hijab itu sederhana ko.. ga perlu dililit2 sampe kecekek.

Niih Rumus Hijab Syar'i ---> 24:31 + 33:59 - 33:33



1.(Khimar/kerudung) rumusnya => 24:31/QS. An-Nur:31
"Katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandanganya dan memelihara kemaluanya, dan janganlah mereka menampakan perhiasanya, kecuali yang (biasa) nampak darinya dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya.
Berarti menutupkan kerudung sampai batas juyubnya. Juyub adalah buka'an diatas kancing paling atas. tapi masa kalau berurusan pada allah pas-pasan? masa menutup cuma sampai batas dada doang? kalo ketiup angin gimana? atau dilihat dari samping juga, kan kelihatan? maka tutuplah lebih dari dada. lebih ke bawah? lebih panjang lebih bagus.itu baru namanya khimar.

Khimar menutup sampai batas dada. kalau sudah menutup berarti ia sudah syar'i. kalau di bagian belakang, tidak ada dalil yang mengharuskan menutup punggung, tapi masa iya depannya panjang tapi belakangnya pendek? pasti mengikuti juga dong..
     nah, pakai kerudung juga ga perlu di aneh2 in deeh. kerudung bukan rambut yang bisa di lilit2 di puter2, kecekek deh nanti, sederhana aja ya,
     inget jangan samakan khimar dengan jilbab. khimar itu penutup bagian atas, atau bisa juga di sebut kerudung. makin besar/lebar kerudung mu makin baik, kita ga akan kedinginan, dan kulit jadi terlindungi dari sinar matahari.

Nah yang kedua adalah jilbab.
2. Jilbab. rumusnya => 33:33/QS. Al-Ahzab:33
"Hai Nabi katakanlah kepada istri2mu, anak2 perempuanmu, dan istri2 orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh mereka."
Jadi jilbab bisa disebut, tutupan dari batas dada sampai kaki. atau zaman sekarang dikenal dengan nama gamis. atau gunakan rok.
     Rasulullah melaknat pria yang mengenakan pakaian wanita, dan wanita yang memakai pakaian pria. jadi, yang masih pakai celana yuk, biasakan pakai gamis atau rok, karna celana merupakan pakaian lelaki, apalagi celana jins ketat, itu dapat merusak rahim loh.

pelan-pelan singkirkan baju2 dan celana ketatmu dari lemari pakaian, insyaallah dengan begitu kamu akan terbiasa memakai pakaian syar'i, dan ingeet, telapak kaki juga aurat loh, jadi jangan ketinggalan kaus kakinya.
  sekarang kita bahas tentang mukena. kadang2 orang indonesia sering salah kaprah tentang mukena. karna mukena sebetulnya bukan syarat sah shalat. karna syarat sah shalat adalah menutup aurat. berarti kalau seseorang sudah menutup aurat dengan sempurna, maka shalatnya sah, bukan harus memakai mukena.
  karna itu mengapa mukena ada di indonesia, karna orang indonesia sadar, pakaiannya di luar masjid itu tidak sah di bawa untuk shalat. tapi di arab,atau di manapun yang  dimana kaum muslimnya sudah banyak yang mengerti, maka mereka tidak menyediakan mukena di masjid. dan orang indonesia merasa aneh kalau tidak memakai mukena.
jadi, cara menentukan hijab kita sudah syar'i atau belum mudah saja. cobalah berkaca di depan cermin, lihat bayangan anda, apakah anda sudah sah untuk melaksanakan shalat dengan pakaian itu, jika sudah maka hijabmu sudah syar'i :)

Yang ketiga adalah minus(-) Tabbaruj.
3. Tabbaruj, rumusnya => 33:33/QS. Al-Ahzab:33
"dan janganlah kamu bertabbaruj dengan tabbaruj jahiliyyah terdahulu"
Segala tingkah laku wanita yang menyebabkan lawan jenis menjadi perhatian. -itulah tabbaruj.

Rasulullah bersabda, 'kami melihat ada 2 kaum di dalam neraka yang kami tiada lihat sebelumnya'
-Dia berpakaian tapi telanjang.
-Dia berlenggak-lenggok.
-Kepala mereka seperti punuk unta yang miring.
mereka tidak akan mencium bau syurga, walaupun bau syurga bisa di cium dengan jarak sekian&sekian.

maksud dari Berpakain tapi telanjang adalah,
wanita yang menyingkap & memperlihatkan kindahan badanya. jadi, dia pakai baju tapi ga kaya pakai baju. pakai baju sih, tapi transparan. pakai baju sih, tapi belahan rok nya tinggi, pakai baju sih tapi ketat.. -_-

Berlenggak-lenggok & Menggoda.
jadi, mereka yang suka dengan perhatian lelaki yang ditujukan untuk menggoda lelaki. maksudnya, dia berusaha agar tingkahnya menggoda lelaki. misalnya kalau foto di imut2-in kemudian di uplod, sehingga menimbulkan komentar dari cowo2, seperti "cantiknya,manis banget sih, bla bla.."
     kita tidak tahu apa yang dipikirkan oleh cowo2 tersebut, bisa saja ada yang menyimpan fotomu, dipandang-pandangi. Naudzubillah..
    Bukan bermaksud sok misterius tak menunjukan diri. tapi untuk menjaga fitnah.
menampilkan foto diri adalah suatu kebolehan, tidak di temukan dalil yang melarangnya, tapi khawatir dampak fitnah yang ditimbulkan. terutama dari lawan jenis yang bisa membuka pintu kemaksiatan.

     yuk dilihat fotomu di media social yang menarik perhatian lelaki, pilah-pilih yang menurutmu yang bergaya ganjen,dsb. lebih baik simpan untuk yang pantas melihatnya, untuk suami-mu kelak misalnya :)

          kalau sudah berhijab, tapi di social media masih berkeliaran foto ganjen mu, bahkan tidak mengenakan kerudung, duh bahaya tuh..


Punuk Unta yang miring
     Membesarkan kepala dengan kerudung/Selempang yang ditumpuk di atas rambut
sehingga memperlihatkan seperti punuk unta. dan masalahnya, sekarang banyak beredar/di jual ciput2 yang di bagian belakang ditambah tumpukan kain atau sanggul. atau memilin rambutnya ke atas, sehingga menyerupai punuk unta,
jadi, mau rambut asli,ga asli,atau kain, tetep gaboleh ya..


yuk, sederhanakan hijabmu, semua ada prosesnya..


     Bagaimana cara membiasakan Hijab Syar'i? Latih dulu,paksa dulu, coba paksa selama 3 bulan, Insyaallah kita ga akan mau lepas lagi.
     lalu bergabung atau berkumpul dengan teman yang sudah berhijab, biar di kuatin terus, di semangatin terus, jangan gabung sama orang-orang yang pas kita dateng di giniin
"tumben lu berhijab? udah tobat?.."
"bu haji.. bu haji.."
"bla.. bla.."
duh, jangan di dengerin deh, jangan berkumpul dengan yang seperti itu, karna itu hanya melemahkan kita doang. tapi, kalo kita berkumpul dengan yang benar, saat kita datang di sambut
"alhamdulillah.. , subhanallah ukhti.., dsb" bergabunglah dengan yang baik.
     seperti kata pepatah berteman dengan penjual parfum, kita juga akan terciprat wanginya. berteman dengan yang sholeh sholehah, insyaallah kita juga akan ikut sholeh sholehah. amiin
     semoga kita senantiasa di beri kemudahan untuk berhijab, jangan patah semangat untuk menasehati yang blm berhijab. semoga yang belum berhijab segera di beri hidayah oleh Allah SWT, dan yang sudah berhijab dapat senantiasa istiqomah dengan hijabnya, pelajari ilmu agama, dan mulai mensyiarkannya pelan2..bismillah pasti bisa! :D
Wassalamualaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membiasakan yang benar. Bukan membenarkan yang biasa

Dari Harmoni, Fikir, hingga Akhlak Islami.. Part of LDK Fikri PNJ