Edisi Curhat Colongan.

     Adalah seorang gadis kecil yang periang nan lincah juga ceroboh. kelakuannya yang kekanak2an, senangnya hanya bermain... tak sadar, kini telah dewasa, harus bisa mengurangi sifat kekanak2annya, kemanjaanya, harus bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. terlalu banyak bermain membuatnya lupa, bahwa ia harus segera menentukan masa depannya.
   Gadis itu adalah aku, hehe curcol sedikit gapapalah sekali-kali.. boleh tak? boleee...
usiaku genap 17 tahun sekarang, sudah memiliki KTP, yang berarti aku telah dewasa sekarang. bingung melanda, "bagaimana nasib ku ke depan?" di satu sisi, aku ingin sekali melanjutkan pendidikannya, kuliah tentunya, di universitas favoritnya. tapi, di sisi lain aku juga ingin membantu keluarga. membantu orangtua yang semakin tua, tidak mungkin bisa terus menerus menopang hidupku, membiayai pendidikannya. ya bekerja.
   Sekarang, aku sedang mengenyam pendidikan di bangku SMK, jikalau ingin melanjutkan dengan bekerja bisa saja, karna SMK memang di persiapkan untuk itu. namun hatiku bimbang*asik.  teringat cita2 ku sejak kecil, "aku nanti kalo gede mau jadi arsitek!" ujarku semangat. padahal saat itu, aku belum tahu apa itu arsitek, ngapain kerjanya arsitek, aku hanya berfikir arsitek itu keren, aku bisa membuatkan rumah untuk mama dan abi kelak jika telah dewasa.
   Tapi sekarang, cita2 ku sudah berubah. tidak sepenuhnya berubah memang. sekarang aku lebih senang mendesain, entah apapun itu. bukuku tulisannya penuh oleh coretan coretanku yang tak jelas.
tapi, cita2 masa kecil masih saja merasuk. aku juga suka mendesain2 interior rumah, tertarik dengan bangunan2 unik. jadilah sekarang keinginanku untuk menjadi seorang desainer interior. semangat mencari dimana tempat yang bagus untuk menuntut ilmu mengejar impianku itu. cari di sumber ilmu terlengkap, siapa lagi? mbah gugel..
    Sekarang aku dapat daftar kampus impianku, yang menyediakan fakultas dengan jurusan desain interior. walaupun masih bingung menentukan yang mana pilihanku akan jatuh. ITS, ITB, atau UNS. bingung memang, akhirnya aku pun memutuskan untuk bertanya ke orang tua ku.. "ma, kata mama enakan kuliah di surabaya, bandung, atau solo?" tanya ku semangat. dan mama pun berpendapat "surabaya juga bagus, ada banyak saudara disana" kata mama. "ooh gitu ya ma? tapi aku maunya ngekos, biar mandiri" kataku semangat. tiba2 abi ikut nimbrung di obrolan ini "gimana kalo disini aja, gausah jauh2" gumamnya. aku pun bingung "loh? kenapa? kalo disini gaada yang bagus, mentok2 swasta, malah kuliahnya tambah mahal, udah gitu gaada jurusan yang diminati" jawabku lesu.
abi menjawab "ga apa2, yang penting tetep disini.. emangnya kamu ga kasian ninggalin mama abi sendirian, masa iya kakek2 nenek2 berdua doang dirumah, " lucunya sambil menirukan gaya dan suara kakek2. haha, aku tergelak tanpa henti melihatnya, walaupun dalam hati ada rasa sedih mengganjal.
subhanallah, sungguh aku tidak ingin meninggalkan mereka sendrian. kedua kakak ku telah berkeluarga, sudah pasti sibuk mengurus anak istrinya. dan kakak ku yang terakhir sedang sibuk kuliah dan tidak dirumah, kalau aku juga pergi? apa aku tega?
GALAU deh... jeng..jeng..jeng...
Tapi berhubung sang abi udah kode2 bakal ga ngebolehin kuliah jauh2 yasudahlah, apa daya seorang anak harus mematuhi keinginan sang ayah.
   Sebenernya ada tempat kuliah yang bagus juga kok disini.. namanya Politeknik Negri Media Kreatif Jakarta,disingkat POLIMEDIA. aku tau itu dari guru BK di sekolah, kata bu dina "kalo anak SMK, bagusnya ngelanjutin kuliah di politeknik" bener juga sih, tempatnya bagus, ya tapi agak jauh juga sih dari rumah, butuh perjuangan untuk sampe di sana *ciailah.. harus naik angkot,kereta,angkot lagi.. kok tau?? iya dong, kan udah survey.. :D nih  buktinya..
hehe.. dia narsis.. tak pe lah...

Jurusannya ada banyak disini, dan semuanya berhubungan dengan Multimedia. saking banyaknya sampe bingung saye mau pilih jurusan apa... walaupun cita2 ku ingin masuk universitas, tapi tak de salahnya ikutan daftar, kalo di terima alhamdulillah, kalo engga, yaudah mungkin di suruh kuliah di universitas negri. amin.. hehe
Nah, di Polimedia ini ada beberapa jurusan yang bikin sying-pusying.. nih beberapa prodinya:
1.Teknik Grafika
2. Periklanan
3. Teknik Pengemasan
4.Desain Mode
5.Fotografi
6. Animasi
7. Penerbitan
8. Desain grafis Multimedia
9. Broadcast
10. Desain Grafis

hmm.. jujur, sebagai anak Multimedia kalo di suruh milih jurusan multimedia yang di jabarin kaya gini bikin tambah sying-pusyiing.. :/
   Akhirnya akupun harus memilih *ciailah..  dan pilihan jatuh kepada.. PENERBITAN.. yay!
kenapa penerbitan? ada apa dengan penerbitan? hehe, sebenernya bingung juga sih kenapa bisa milih penerbitan yang kalo di hubungin sama desain interior tadi jauh syekali..
  karena aku tertarik dengan dunia penerbitan, dan disini kita akan di ajarin gimana cara nerbitinn buku, mulai dari penulisan, penyuntingan, pengelolaan, dan pemasaran. 
   Aku dulu pernah berfikir "enak kali ya jadi penulis?" nah, makanya sekarang lagi belajar nulis dikit2, walaupun kosakatanya masih acak2an.. hehe. atau kalo engga jadi penulis jadi penyuntingnya juga gapapa, jadi visualis kaya mba benefiko. mba benefiko tuh visualis favoritku, visualis buku2 nya Ustadz Felix Siauw. Jadi kalo suatu saat engga jadi penulis, jadi visualisnya penulis hebat juga gapapa, hehe numpang eksis ceritanya :p
   Aku pengen banget jadi kaya mba benefiko, walaupun udah jadi seorang ibu, tapi tetep bisa menghasilkan uang, hitung2 bantuin suaminya. karna kerjanya emang dirumah, tetep bisa mendidik dan menemani anaknya. selain sebagai visualis buku, mba benefiko juga seorang pendakwah. Subhanallah.. :)
   Semoga kelak aku bisa mengikuti jejak mu mba :")
   Apalagi kalo bisa semuanya, tulis sendiri,nyunting sendiri,nerbitin sendiri deh.. dan beli sendiri.. loh?? haha engga2.
   Sekarang, aku juga sedang belajar nulis buku bareng anak2 Pramuka SMKN 1 Bekasi. gasabar bukunya supaya cepat selesai! aah.. hitung2 sebagai pembelajaran awal untukku. hehe.
kegiatan kami di pramuka ga gitu2 aja, tak melulu soal panas-panasan, yang lain juga banyak yang seru. ya contohnya buat buku ini. nambah ilmu juga pengalaman :))
   Akhirnya aku pun berhasil daftar online  di Polimedia, lewat jalur PMDK, karna kalo engga cepet2 nanti keburu di tutup pendaftarannya, hehe dan sekarang tinggal ngurus berkas2 buat dikirim lewat guru BK. aaah semoga aja di terima ya allah :D
  Sekarang fokus dulu sama kegiatan2 akhir kelas 3 di sekolah, Semangatt!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membiasakan yang benar. Bukan membenarkan yang biasa

Hijab Syar'i

Dari Harmoni, Fikir, hingga Akhlak Islami.. Part of LDK Fikri PNJ